FOCUS GROUP DISCUSSION SURVEI INDEKS KEPUASAN LAYANAN INFRASTRUKTUR DI KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Badan Penelitian dan Pengembangan bekerja sama dengan Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (PKPB) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung untuk melakukan Penyusunan Dokumen Survey Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur di Kabupaten Lampung Barat tahun 2023.

Kerjasama diawali dengan menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) yang bertempat di Gedung Pakuwon Bappeda Lampung Barat, Selasa (21/03/2023) dan dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Lampung Barat, Bapak Wasisno Sembiring, SE.,MP.

FGD tersebut dihadiri oleh perangkat daerah yang terkait antara lain Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bagian Sumber Daya Alam dan Tenaga Kerja, PDAM dan perwakilan camat dari 15 Kecamatan se-Kabupaten Lampung Barat

Indeks Kepuasan Layanan Infrastruktur (IKLI) merupakan ukuran yang digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pembangunan infrastruktur oleh Pemerintah. Ruang lingkup IKLI ini meliputi transportasi, jalan, jembatan, irigasi dan drainase, indeks kualitas lingkungan hidup, ruang terbuka hijau (RTH), PDAM, lampu penerangan jalan umum dan internet. Hasil survey IKLI disajikan dalam bentuk skoring sehingga adanya saran perbaikan dari penyedia layanan infrastruktur yang disurvei terhadap peningkatan kualitas layanan.